Kapal Dewaruci Tabrakan di Gresik

Posted by Berita Kapal

Kapal Dewaruci Tabrakan di Gresik
 
Sebuah Kapal Motor (KM) Dewaruci bermuatan pupuk bertabrakan dengan kapal lain saat berangkat dari Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, Sabtu.

Kepala Seksi Kepelabuhanan Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik, Nanang Afandi, saat dikonfirmasi mengatakan kapal itu sebelumnya melakukan aktivitas pemuatan barang di Pelabuhan Gresik, dan mulai meninggalkan pelabuhan pada Sabtu dini hari.

"Saat meninggalkan pelabuhan, saya dapat info kapal itu bertabrakan dengan kapal lain dan belum jelas kapal apa, sehingga KM Dewaruci dibawa kembali ke Dermaga 265 Pelabuhan Gresik karena mengalami pecah lambung," katanya.

Nanang mengaku belum mendapat informasi secara detail mengenai kerugian dan korban akibat peristiwa itu, namun diduga satu anak buah kapal (ABK) KM Dewaruci hilang dalam peristiwa itu.

"Saya masih belum cek ke lapangan, namun ada kabar bahwa salah satu ABK hilang dalam peristiwa itu," katanya.

Kerugian akibat peristiwa tabrakan KM Dewaruci Jaya dengan kapal yang sedang berlabuh di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur mencapai Rp 5 miliar. Besaran kerugian itu karena KM Dewaruci Jaya kehilangan muatan satu kontainer yang jatuh ke laut usai kapal mengalami kebocoran di buritan atau lambung sebelah kiri.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, kerugiannya sekitar Rp5 miliar, sebab KM Dewaruci Jaya yang dinahkodai Syamsudin Djoned (69) kehilangan satu kontainer karena jatuh ke laut," Kasatreskrim Polres Gresik AKP Ayub Diponegoro, seperti dilansir Antara, Sabtu (4/1).

Ayub mengatakan, tabrakan kapal itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 01.10 WIB. Saat itu KM Dewaruci Jaya dengan tujuan Ketapang dan bermuatan Semen 1.100 ton terbawa arus kencang sehingga menabrak kapal yang sedang berlabuh di depan Pelabuhan Petro Gresik.

Akibat peristiwa itu, nahkoda memutuskan merubah haluan kembali ke Pelabuhan Gresik, dan kapal kemudian dikandaskan di pelabuhan umum. "Laporan terakhir menyebutkan tidak ada korban jiwa, dan semua ABK selamat dalam peristiwa itu," ucap Ayub.

Sementara Kepala Seksi Kepelabuhan Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik, Nanang Afandi mengatakan, aktivitas di Pelabuhan Gresik tidak terganggu dan berjalan seperti biasa. "Aktivitas pelabuhan tidak terganggu, dan KM Dewaruci Jaya sudah diamankan ke dermaga, dan kini kami bersama kepolisian tetap melakukan pemeriksaan saksi dalam peristiwa itu," katanya.

Sebelumnya, sebuah Kapal Motor (KM) Dewaruci bermuatan pupuk bertabrakan dengan kapal lain saat berangkat dari Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, Sabtu. Kapal itu sebelumnya melakukan aktivitas pemuatan barang di Pelabuhan Gresik, dan mulai meninggalkan pelabuhan pada Sabtu dini hari.

"Saat meninggalkan pelabuhan, saya dapat info kapal itu bertabrakan dengan kapal lain, dan belum jelas kapal apa. Sehingga KM Dewaruci pagi ini dibawa kembali ke Dermaga 265 Pelabuhan Gresik karena mengalami pecah lambung," kata Kepala Seksi Kepelabuhan Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik, Nanang Afandi,(*)

Related Posts:

Posting Komentar