Anak Buah Kapal

Posted by Berita Kapal


Tidak semua pembaca blog kami ini Jobspelaut.Blogspot.com adalah Pelaut Indonesia, untuk itu kami ingin sedikit berbagi pengetahuan tentang kapal dan dunia pelaut serta ilmu-ilmu pelayaran kepada khalayak umum pembaca blog kami ini.

anak buah kapal
MT. ASIA GLORY sandar di Kabil Port, Batam
Kali ini kami ingin mengulas tentang ABK atau Anak Buah Kapal, yang kami maksud disini adalah semua orang yg bekerja di kapal guna mempersiapkan dan menjalan sehingga kapal tersebut layak jalan dan beroperasi normal di perairan Indonesia bahkan di seluruh perairan di dunia ini.

Anak Buah Kapal dalam struktur organisasi di kapal terdiri dari Captain sebagai penanggungjawab atas keseluruhan kapal yg di nakhodainya selaku pimpinan pelayaran, yg memimpin atas dua hirarki departemen yaitu Departemen Deck dan Departemen Mesin.

Departemen Deck terdiri dari Perwira Deck seperti Chief Officer, Second Officer dan Third Officer
Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas mengatur muatan kapal, menjaga persediaan air tawar dan sebagai supervisi pengatur arah navigasi kapal.
Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas sebagai membuat jalur/route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi kapal serta bertanggung jawab atas obat-obatan diatas kapal.
Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi.

Dulu dikenal adanya Markonis/Radio Officer/Spark yang bertugas sebagai operator radio/komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai atau ada kapal tenggelam, namun saat ini sudah jarang kapal yg memiliki rating pelaut sebagai Radio Officer ini, tugas-tugas ini saat ini dikerjakan oleh Chief Officer dan Perwira Deck lainnya.

Selanjutnya adalah Perwira Departement Mesin, yaitu Chief Engineer, First Engineer, Second Engineer dan Third Engineer.
KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer adalah pemimpin dan penanggung jawab atas semua mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, mesin crane, mesin sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dan mesin-mesin lainnya.
Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
Juru Listrik/ Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
Juru minyak/ Oiler pembantu para Masinis/Engineer

Selain para Perwira-Perwira di kapal tersebut diatas ada pekerja di kapal lainnya yg bisa dikatakan sebagai bawahan rating pelaut perwira tersebut, diantaranya adalah Bosun dan Oiler tergantung di bagian mana mereka bertugas, departemen dek atau departemen mesin.
Bagian dek:
Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut muatan cairan)
Bagian mesin:
Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
Fitter atau Juru Las
Oiler atau Juru Minyak
Wiper

Dan agar tugas-tugas para Anak Buah Kapal seperti Perwira Laut serta bawahannya berjalan dengan lancar dan baik maka diperlukan asupan gizi dan makanan yang baik pula, maka di kapal ada juga bagian khusus makanan ini, bagian di dapur dan messroom.
Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak dan membersihkan kapal.
Chief Cook sebagai pemimpin di dapur bertanggungjawab atas ketersediaan makanan dan kebersihan dapur dan ruangan makan atau messroom.

Untuk menjadi pekerja pelaut seperti tersebut Anak Buah Kapal diatas baik menjadi Perwira Dek atau Perwira Mesin ataupun bawahannya tergantung dengan pendidikan dan izajah kompetensi pelaut yang mereka miliki, tentang Ijajah Pelaut dan Sertifikat Pelayaran akan kita bahas dalam tulisan selanjutnya.
 
 

Related Posts:

Posting Komentar